Sabtu, 23 Januari 2016

Makna BEKERJA Keras

Inti dari seisi dunia ini pada hakekatnya adalah kerja. Dunia berjalan karena semua makhluk, hidup dan mati, berfungsi sebagaimana fitrahnya. Fitrah tersebut ialah kerja. Ada gerak fisik dalam arti sesungguhnya dalam kerja. Untuk kita ras manusia, kita memberi satu label kualitas pada kerja kita, yaitu ”kerja keras”. Ini bukan pilihan, namun keniscayaan. Individu dan masyarakat yang survive perlu kerja keras, tidak ”sekedar kerja” saja.
Apa itu kerja keras bisa dikenali dari karakternya. Bekerja keras adalah bekerja secara fisik dan pemikiran, serta mengorbankan materi dan non materi sampai batas tak bisa lagi dikorbankan. Pekerja keras memiliki niat yang kuat, bekerja secara cerdas, penuh konsentrasi, dan menepis kesenangan pribadi. Dari sisi fisik, bekerja keras adalah bekerja  sampai batas kemampuan fisik, dari sisi waktu sampai dengan batas ketersediaan waktu, dan dari sisi metode menggunakan prinsip seefisien mungkin. Orang yang bekerja keras hatinya penuh gelora semangat,  gemar dan rindu pada hasil kerja yang bermanfaat luas. Mereka senang bersosial dan berjamaah, mengoptimalkan kenalan, jaringan, teman, keluarga, dan seterusnya. Hasil yang diperoleh bukan untuk kesenangan, tapi untuk lebih produktif.
Secara sederhana, siapa itu ”pekerja keras” dapat dilihat dari bunyi iklan lowongan kerja ini: ”mengundang anda, para kandidat yang memiliki ketangguhan mental, semangat juang, berdedikasi tinggi, serta mengutamakan kualitas, efisiensi dan efektvitas dalam bekerja”. Dalam iklan lain tertulis: ”who are willing to grow within our company and explore the world at the same time”. Atau, mencari ”profesional yang ahli dan berpengalaman di bidangnya, memiliki integritas yang kuat serta mempunyai motivasi yang tinggi dalam berprestasi”.
Bekerja keras adalah bekerja tidak mengenal waktu. Hadits riwayat Imam Ahmad, Nabi mengingatkan: “Seandainya kiamat tiba dan pada tangan seseorang ada sebatang anak kurma, maka hendaklah dia segera menanamkannya”.
Pada bab ini dipaparkan berbagai makna tentang kerja keras. Makna-makna ini disusun dari berbagai sumber, dan tidak terbatas pada definisi menurut agama saja.
******