Jumat, 04 November 2011

Ralat point ke-13

Pada point ke 13: “Karena Bekerja Keras adalah Prinsip Hidup Muslim”, yakni pada paragraf kedua, tertulis: 

“Bekerja keras dalam Islam adalah bekerja dengan sungguh-sungguh disertai dengan tawakal kepada Allah SWT. Yang dimaksud di sini adalah bekerja hingga kelelahan (Al-Ghaasyiyah: 3). Dst ……. “

Ralat:
Referensi menggunakan surat Al Ghaasyiyah ayat 3 dalam konteks ini kurang tepat, karena menceritakan tentang mereka yang kepayahan saat di akhirat kelak. Satu hadits yang lebih tepat semestinya misalnya adalah hadits dari HR Tabrani yakni: “Barang siapa yang sore hari duduk kelelahan lantaran pekerjaan yang telah dilakukannya, maka ia dapatkan sore hari tersebut dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT”. Referensi lain yang juga relatif sejalan adalah surat At Taubah ayat ke-120. Kalangan ulama juga menjelaskan bahwa ganjaran suatu amal akan bertambah besar seiring bertambah besarnya pengorbanan, kesabaran jiwa, dan kepayahan yang dirasakan demi menunaikan amal tersebut (kitab Al-Majmuu Al-Fataawa karangan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah). Demikian pula dengan hadits Rasul saw: “Barang siapa pada malam hari merasakan kelelahan karena bekerja pada siang hari, maka pada malam itu ia diampuni Allah” (Hadits Riwayat Ahmad & Ibnu Asakir).
Demikian, mohon dimaafkan dan dimaklumi. Maklumlah, penulis buku ini bukan ulama, bukan ustadz, nyantri aja belon sempat. Maaf ya para pembaca.
******