Minggu, 24 Januari 2016

Alasan ke-24: Karena wudhu akan membuat kita lebih sehat

Wudhu mencegah kita dari berbagai penyakit kulit. Pengamatan dengan mikroskop mendapatkan bahwa pada orang yang berwudhu secara teratur rongga hidung mereka lebih bersih dari berbagai mikroba. Mikroba biasa masuk melalui ujung-ujung jari, sehingga kedua tangan menjadi sarang mikroba. Karena itu, sabda Rasulullah: ”Apabila salah seorang di antara kalian bangun dari tidur, maka janganlah mencelupkan kedua tangannya ke tempat air sebelum mencucinya terlebih dahulu tiga kali”.

Tangan bagian atas, lengan bawah, serta organ-organ bagian bawah seperti kedua kaki dan kedua betis adalah bagian yang paling lemah karena jauh dari pusat peredaran darah. Dengan membasuh dan menggosoknya akan menguatkan peredaran darah pada organ-organ tersebut [i]

Dr. Ahmad Syauqy Ibrahim, dokter Kerajaan Arab Saudi di London dan Penasihat Penderita Penyakit Dalam dan Penyakit Jantung menyatakan bahwa mencelupkan anggota tubuh ke dalam air akan bisa mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, syaraf-syaraf dan otot menjadi rileks, menghindari kenaikan detak jantung dan nyeri-nyeri otot, kecemasan, dan insomnia (susah tidur). Hal ini dikuatkan seorang pakar lain, bahwa membasuhkan air ke wajah dan kedua tangan adalah cara yang paling efektif untuk relaksasi dan menurunkan emosi.



[i] Muhammad Kamil Abd Al-Shomad. Al-I’jaaz Al-Ilmiy fii Al-Islam wa Al-Sunnah Al-Nabawiyah.